Product Knowledge: Pengertian dan Manfaatnya bagi Sales

product knowledge adalah sesuatu yang sangat penting untuk di kuasai di dunia kerja terutama dikalangan marketing, sales representative, front liner. selanjutnya apakah penguasaan tentang product knowledge itu perlu?, jika memang demikian, maka Anda sebagai tenaga penjual, seolah-olah hanya menjalankan pitching saja tanpa membaca skrip.

Jika demikian, lantas bagaimana calon pelanggan bisa tertarik pada produk Anda yang sedang anda tawarkan? inilah kelemahan sebagian besar sales yang tidak sadar bahwa dalam dunia penjualan atau sales harus menguasai tentang product knowledge.

Untuk bisa menghindari hal tersebut, maka anda akan belajar berbagai hal secara mendalam tentang product knowledge, manfaat, dan cara dalam meningkatkan pengetahuan tentang product knowledge tersebut.

Pengertian Product Knowledge

Pengetahuan produk adalah apa yang benar-benar diketahui oleh tenaga penjualan tentang produk yang ingin mereka jual dan tawarkan kepada calon pelanggan. Memiliki pengetahuan produk sangat penting, terutama jika tenaga penjualan ingin melakukan percakapan yang lancar dengan calon pelanggan saat menawarkan produk.

Coba bisa bayangkan pada saat ketemu pelanggan dan kita menawarkan product yang kita jual, calon pelanggan penasaran dan menanyakan berbagai hal detail tentang produk tapi Anda tidak bisa menjawab pertanyaan karena tidak menguasai dan mempelajari produk? Dengan kata lain, jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda jual, mengapa pelanggan potensial harus mempercayai dan membeli produk Anda?

Untuk itu, sebagai tenaga penjual yang baik, Anda harus bisa memberikan informasi sedetail mungkin dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan lancar agar proses penjualan Anda bisa berjalan dengan lancar.

 

Manfaat pengetahuan produk untuk bisnis

Dari laman The Balance Small Business, beberapa manfaat product knowledge adalah sebagai berikut:

1. Keterampilan komunikasi yang kuat

Manfaat terpenting dari pengetahuan produk adalah peningkatan keterampilan komunikasi.

Jika Anda tidak mengetahui banyak tentang suatu produk dan Anda bertemu dengan pelanggan yang berbeda dari biasanya, maka tentunya Anda akan kesulitan untuk menjual produk tersebut.

Jadi, dengan pengetahuan produk yang baik, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah ini.

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat kedua adalah kemampuan untuk meningkatkan rasa percaya diri yang pada akhirnya dapat meningkatkan angka penjualan secara keseluruhan.

Arti percaya diri dalam situasi ini adalah untuk penjualan dan prospek Anda.Pengetahuan produk yang baik dapat meyakinkan pelanggan untuk membeli produk Anda dengan percaya diri.

3. Memiliki aset yang tak ternilai harganya

Manfaat product knowledge selanjutnya adalah Anda bisa cukup meyakin pelanggan dengan menjelaskan produk apa yang akan dijual sedetail mungkin. Ini adalah aset yang tak ternilai, baik bagi perusahaan maupun klien potensial.

Jika Anda tampaknya tahu apa yang Anda jual dan sangat yakin akan hal itu, calon pelanggan akan merasakan hal yang sama.

Bahkan jika Anda sudah mengenal produk Anda dengan baik, Anda bisa menawarkan produk lain untuk melengkapi apa yang dibeli pelanggan Anda. Dengan menguasai Produk Knowledge di luar kepala anda tidak perlu khawatir pada saat menemui pelanggan yang kritis karena anda akan banyak bahan yang anda sampaikan ke pelanggan, Sehingga pelanggan akan semakin yakin dengan keterangan anda, Andapun dapat meningkatkan penjualan atau repead order, secara otomatis tanpa harus mengulang prosesnya dari awal.

4. Klien lebih meyakinkan

Jika Anda tidak bisa menjawab pertanyaan calon pelanggan dengan lancar, maka Anda tidak akan bisa meyakinkan mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan produk yang baik dan menguasainya akan sangat membantu Anda dalam menjalankan proses penjualan. Ingat pengetahuan produk yang baik akan sangat membantu Anda dalam menjalankan proses negosiasi penjualan. Misalnya, saat melakukan penjualan, Anda harus mengetahui nilai tambah produk Anda dibandingkan dengan pesaing Anda.

Jika calon pelanggan mengajukan pertanyaan tentang produk yang anda jual, maka anda akan dapat lebih mudah menjawabnya dan meyakinkan calon pelanggan bahwa produk Anda adalah yang terbaik.

5. Ciptakan merek yang lebih baik

Sebagian besar dari kita pasti tahu bahwa citra sebuah perusahaan dan sebuah merek membutuhkan waktu lama untuk berhasil. Nah, tim penjualan dengan pengetahuan produk yang baik dapat mendorong perusahaan ke puncak kesuksesan.

Dengan mengetahui produk Anda sendiri, Anda secara otomatis dapat mempelajari berbagai produk yang dikeluarkan oleh pesaing Anda. Setelah itu, akan ada pengembangan dan upaya lain agar produk Anda mencapai versi terbaik.

Tanpa pengetahuan produk yang baik, Maka hal semacam ini bisa terlewatkan begitu saja, tidak ada cukup ruang untuk pengembangan dalam diskusi ataupun negosiasi.

Jenis Pengetahuan Produk

Setidaknya Anda harus mengetahui tiga macam product knowledge, yaitu:

1. Memahami fitur atau spesifikasi produk

Pelanggan potensial akan melihat produk berdasarkan fitur atau spesifikasinya. Berbagai elemen produk yang terkandung dalam produk akan dianggap menentukan oleh calon konsumen dan nantinya akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Katakanlah seorang calon konsumen ingin membeli sebuah mobil, maka ia membutuhkan segala macam informasi mengenai spek atau fitur mobil pilihannya, mulai dari model, warna, tahun pembuatan, merek, jumlah cc, manual atau otomatis, dan berbagai macam lainnya.

2. Pengetahuan keunggulan produk

Kategori pengetahuan produk berikutnya berkaitan dengan kekuatan produk. Jika calon konsumen diatas memilih produk mobil merk X, maka calon konsumen sudah mengetahui fungsi dari mobil tersebut.

Misalnya mobil atau truk pickup yang digunakan untuk mengangkut barang, pembeli akan merasakan manfaatnya karena dapat membantu dalam proses pendistribusian barang yang diproduksinya.

Inilah yang disebut pengetahuan terkait manfaat produk. Sebagian besar calon konsumen lebih memilih manfaat yang mereka dapatkan terlebih dahulu saat membeli suatu produk daripada ingin mengetahui spesifikasi produk.

3. Pengetahuan Tentang Kepuasan pelanggan atas apa yang Ditawarkan Produk.

Pada dasarnya pengertian kepuasan pelanggan adalah sesuatu yang diinginkan atau dibutuhkan pelanggan untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan, misalnya suatu produk atau jasa.
Karena kualitas produk atau jasa semakin berperan besar dalam menarik konsumen yang yakin membutuhkan perusahaan (loyalitas).

Untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap suatu produk berlaku bagi calon pelanggan, terlihat bahwa ketika pelanggan telah menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut, pelanggan memberikan nilai kepuasan atau kekecewaan.

Penting bagaimana menggunakan atau mengkonsumsi produk dengan benar. Tujuannya agar dapat mencegah kesalahan saat menggunakan produk.

Kesalahan yang dilakukan pelanggan saat menggunakan produk menyebabkan produk tidak berfungsi atau bahkan rusak.

Calon konsumen yang cerdas pasti sudah tahu tentang produk yang ingin dibelinya. Pengetahuan pelanggan potensial tentang produk sangat memengaruhi keputusan mereka.

Sangat penting bagi tim penjualan untuk memperhatikan hal ini, karena pembelian calon pelanggan sangat bergantung pada pengetahuan mereka.

Oleh karena itu, Anda dapat mengukur pengetahuan produk calon pelanggan dengan tiga cara:

• Informasi subyektif atau yang dilaporkan sendiri, mis. berapa banyak responden atau calon pelanggan yang mempersepsikan produk tersebut

• Informasi yang objektif atau nyata, yaitu. seberapa banyak informasi atau jenis informasi yang berkaitan dengan informasi produk sebenarnya tersimpan di benak calon pelanggan.

• Pengetahuan berbasis pengalaman, mis. seberapa banyak pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan sehubungan dengan produk berdasarkan berapa kali produk tersebut digunakan atau dibeli.

Baca juga: Strategi Produk: Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya

Bagaimana meningkatkan kesadaran produk

Cara meningkatkan product knowledge yang pertama adalah mengkombinasikan product knowledge yang berbeda dengan tim sales melalui pelatihan secara berkala. Dengan cara ini mereka terbiasa dan tahu apa yang harus digunakan sebagai panduan selama penjualan.

 

Penutup

Demikian penjelasan informasi produk. Oleh karena itu, pengetahuan produk adalah keadaan di mana perwakilan penjualan benar-benar memahami produk yang ingin mereka jual.

Dengan pengetahuan produk yang baik, tenaga penjual dapat meningkatkan penjualan perusahaan yang pada akhirnya meningkatkan total omzet perusahaan.

Nah, dalam kasus seperti itu, perusahaan harus tetap mencerminkan omzet atau laba dalam laporan laba rugi, sehingga kemudian berpindah ke laporan keuangan perusahaan. Nantinya, laporan ini bisa dijadikan panduan untuk mengambil keputusan bisnis yang baik di masa depan.

Product Knowledge Hino

New Generation Ranger https://drive.google.com/file/d/1yVbGqNd0adbjc5KQlqONGobBz0ZLJNND/view?usp=sharing

 

Shopping Cart
Shares
Open chat
1
Hallo saya bisa tanya tanya tentang hino?